Sabtu, 22 Maret 2014

Etika Dalam Ngeblog


Etika Ngeblog

Menulis itu sulit? Ya.. menulis memang sulit apalagi bagi orang yang tidak terbiasa menulis. Sebagian orang berpendapat kalau menulis merupakan sebuah bakat. 

Seseorang yang mempunyai bakat menulis, mereka mampu memaparkan kata-kata dengan baik atau mungkin sangat baik apa yang mereka lihat, baca, dengarkan, dan rasakan. 

Berbeda dengan orang yang tidak mempunyai bakat menulis, mereka cenderung bingung apa yang harus mereka tulis. Dan dengan kemajuan teknologi komputerisasi seseorang dengan sangat mudah menduplikat tulisan orang lain, tanpa mereka harus susah payah memeras otak. itulah yang menyebabkan begitu banyak kasus plagiat yang terjadi di Indonesia.
 
Dalam dunia ngeblog menulis itu sebuah keharusan, bagi kita yang kurang bisa menulis, haruskan kita asal copas saja? Apakah itu baik? Tentu tidak, untuk itulah perlu adanya etika dalam ngeblog. Kalau seorang blogger ingin tidak kena semprot oleh blogger lain karena dia copas, berikut mungkin bisa sobat terapkan.

1. Bagi sobat yang ingin copas content blog orang lain, ada baiknya sobat minta izin dulu kepada sang empunya, bagaimana caranya? Sobat bisa meninggalkan jejak di koment artikel yang ingin sobat copas, atau sobat bisa kontak emailnya dan silahkan sobat tunggu, apakah sang empunya rela apa tidak artikelnya di copas. Kalau sudah mendapat izin bilang Alhamdulillah berarti itu tidak apa-apa.

2. Kalau sobat copas artikel orang lain tanpa seizin sang empunya, paling tidak sobat mencantumkan sumbernya, jadi kalau yang punya artikel tau, mereka tidak marah-marah amat..

3. Boleh copas tapi silahkan sobat ubah kata-katanya, paling tidak 40%-50% lah biar tidak mencolok. Dan bagi sobat blogger yang artikelnya dicopas namun kata-katanya sudah sedikit dirubah saya harapkan jangan marahnya. Ingat.... semuanya itu milik Alloh SWT. Jadi dibiarin saja, hitung-hitung sodaqoh.. hehehe

4. Jangan lupa untuk selalu berlatih menulis, para blogwalking tentu akan lebih menghargai artikel yang original walaupun mungkin bahasanya acaka-acakan, seperti blog saya... hehehe

Semoga apa yang saya ungkapkan di atas dapat dimengerti oleh para blogger yang sukanya copas. Copas ya copas asal asal beretika, tidak main ngeklaim bahwa itu artikel hasil pemikirannya.. salam blogger!!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar