Sabtu, 22 Maret 2014

Pertolongan Pertama Pada Keracunan Makanan


Pertolongan Pertama Pada Keracunan Makanan

Makanan merupakan sumber nutrisi untuk tubuh. Tetapi ingat, jika kamu salah memilihnya, ntar malah bisa jadi sumber petaka, karena terkontaminasi mikroba atau senyawa beracun.

Menurut hasil riset para ahli gizi, senyawa racun pada umumnya bersembunyi dalam bahan pangan baik hewani maupun nabati, sebut saja asam sianida (HCN) pada singkong atau solanin pada kentang. Nah, faktor lain penyebab keracunan adalah kontaminasi mikroba dan senyawa beracun seperti merkuri, logam berat dari besi, timah, dan tembaga.

Apabila bahan pangan tersebut masuk ke dalam tubuh kita dalam waktu yang lama maka akan berefek sangat berbahaya bagi tubuh kita, dan dalam jangka pendek akan berakibat keracunan. Gejala yang timbul berupa terganggunya sitem pencernaan seperti mual, muntah, dan kolik pada saluran pernapasan. Kunci untuk menghindari hal itu adalah kewaspadaan dalam milih dan mengolah  bahan makanan yang akan kita konsumsi. Dan berikut beberapa bahan makanan yang perlu dicermati :

  • Daging dan hasil olahan kemasan
  • Jengkol dan petai cina
  • Kentang (solanum tuberosum l)
  • Kopi dan the
  • Singkong (manihot utilissima)
  • Kacang-kacangan dan olahannya
  • Seafood
Terus bagaimana kalau ada orang yang keracunan  akibat bahan makanan tersebut, terus bagaimana pertolongan pertamanya, berikut beberapa cara menanganinya :
 

1. Minum santan kental dan air kelapa hijau yang dicampur 1 sdm garam, sebagai alternative pengganti norit.

2. Jika penderita masih sadar, usahakan dia muntah. Caranya, masukkan jari pada kerongkongan leher dengan posisi badan lebih tinggi dari kepala untuk memudahkan muntah.


3. Apabila penderita pingsan, bawa segera ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif.

4. Untuk mengurangi kekuatan racun, berikan air putih sebanyak-banyaknya atau beri susu yang dicampur dengan telur mentah.

5. Agar perut terbebas dari racun, berikan norit dengan dosis 3-4 tablet selama 3 kali berturut-turut setiap jam.


6. Jangan lupa yang terakhir, untuk berdoa kepada Alloh SWT. agar yang keracunan cepat sembuh

Demikian sedikit tips dari saya, jadi jangan panik yang kalau ada orang keracunan... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar